Mengapa Vaksin Covid

Mengapa Vaksin Covid

“Urutan ke-2 negara yang terbanyak penduduknya yang sudah mendapat vaksinasi Covid-19 di Asia. Untuk negara yang belum bisa memproduksi vaksin sendiri, Indonesia sudah termasuk advance dalam melaksanakan vaksinasi Covid-19. Tantangannya menjangkau kelompok-kelompok rentan,” kata Olivi dalam Dialog Produktif KPCPEN dan FMB9 yang dilaksanakan secara daring Selasa (8/6) siang. “Dengan tetap konsisten melakukan 3T secara oleh Pemerintah dan memperkuat secara disiplin protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan oleh masyarakat.

Melalui penandatanganan type B dari COVAX Facility tersebut, Indonesia dapat memperoleh akses hingga maksimal 108 juta dosis vaksin gratis dari GAVI. “Ini merupakan berita baik untuk seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin. Hingga kini Indonesia sudah memiliki komitmen yang pasti a hundred twenty five juta dosis dari Sinovac, 50 juta dosis dari AstraZeneca, 50 juta dosis dari Novavac sehingga ada whole 225 juta dosis vaksin COVID-19 yang pasti. Adapun, rasio penduduk yang harus membayar untuk mendapatkan vaksin adalah 70 persen atau sekitar seventy five juta orang dari 107 penduduk berusia tahun yang ditargetkan pemerintah sebagai penerima vaksin Covid-19. Sesuai dengan standar pelaksanaan program vaksinasi, pemberian vaksin kepada pegawai BPJAMSOSTEK akan dilakukan dalam dua tahap, yaitu pemberian vaksin tahap pertama selama dua hari pada Sabtu dan Minggu, Maret 2021.

Wang mengatakan bahwa Indonesia memiliki kapasitas produksi vaksin terkuat di benua tersebut, menurut laporan Strait News. Lebih lanjut, Budi mengatakan, hal ini yang membuat negara-negara di dunia bersaing untuk mendapatkan vaksin COVID-19 dari para produsen. Pasokan vaksin AstraZeneca yang ditujukan untuk negara-negara Afrika, misalnya, sebagian besar diproduksi oleh Serum Institute of India, pabrik vaksin terbesar di dunia. Koalisi besar organisasi bantuan dan kelompok lain telah menyerukan untuk mengabaikan paten vaksin COVID-19 guna membantu mengatasi masalah ini. “Tak ada satu pun dari kita yang aman, sampai kita semua aman” adalah ungkapan umum tentang COVID-19, sekaligus gagasan di balik program COVAXuntuk pengadaan international terhadap vaksinasi.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan masyarakat yang di Vaksin

Pada hari pelaksanaan pemberian vaksin kepada calon penerima vaksin, terdapat lima tahap proses vaksinasi. Pertama saat calon penerima vaksin tiba di tempat dan mendapat giliran menerima vaksin. Di meja pertama, calon penerima vaksin diminta untuk menunjukkan tiket elektronik yang sudah dikirimkan serta menunjukkan KTP. Uni Emirat Arab menyusul di posisi kedua dengan kuota vaksinasi per kapita mencapai 62 per one hundred penduduk. Sekitar 6,eight juta dari lebih 9 juta penduduk UEA sudah mendapat vaksin corona dosis pertama. UAE menggunakan vaksin Sinovac buatan Cina untuk program vaksinasi massal gratis.

Dengan begitu, sistem imunitas tubuh orang ini akan siap melawan bakteri atau virus penyebab penyakit yang masuk, sehingga tidak terjadi infeksi. Kalaupun terjadi infeksi, gejalanya akan lebih ringan dan pemulihannya lebih cepat. Pemberian vaksin COVID-19 oleh pemerintah akan dilakukan secara bertahap, karena pasokan vaksin tidak cukup untuk diberikan kepada semua orang sekaligus pada waktu yang bersamaan.

Retno mengungkapkan, Indonesia terpilih menjadi salah satu ketua setelah memperoleh suara terbanyak atau forty one persen dalam pemungutan suara yang dilakukan oleh 92 negara yang tergabung dalam AMC ninety two Economies. Retno pun memaknai terpilihnya Indonesia dengan suara terbanyak ini paling tidak dari dua sisi. Menurutnya, yang bisa dilakukan pemerintah bila tidak memiliki dana adalah dengan menggalang dana, misalnya dengan menggalakkan company Game Slot Online social duty . Ia mengatakan, pemerintah pun juga sudah mengeluarkan berbagai stimulus untuk memperbaiki perekonomian yang anjlok. Apalagi, pendapatan negara telah berkurang drastis akibat adanya relaksasi pajak.

Mengutip dari Antara, tiga kabupaten di Papua tak kunjung memulai vaksinasi Covid-19 karena tak memiliki fasilitas penyimpanan vaksin. Selain itu, pemerintah setempat juga belum memberikan pelatihan vaksinator secara tatap muka. Selain persoalan kesehatan, kata Jokowi, pemerintah juga berupaya mengatasi krisis ekonomi yang terjadi akibat pandemi.

Terutama dalam kerangka kerja sama yang disepakati oleh Indonesia dan Inggris dituangkan fakta penting mengenai bahaya dari pandemi international dari covid-19 yang mengancam semua negara. Kerja sama bilateral yang diinisiasi ini berupaya memastikan bahwa dengan diplomasi vaksin, semua orang bisa aman dan terhindar dari ancaman corona dan mendapatkan akses terhadap vaksin serta dapat dijangkau oleh semua orang dari semua negara. Diplomasi vaksin ini juga merupakan sebuah tanggung jawab world untuk mewujudkan misi global peace and prosperity. Artinya, untuk dapat menciptakan perdamaian dunia dan kesejahteraan world salah satu langkahnya adalah dengan mendapatkan perlindungan dan rasa aman dari ancaman yang datang dari lintas batas negara.

Pemerintah Brasil juga membuka opsi tambahan pemesanan fifty four juta vaksin Sinovac, demikian dilansir WSJ. Untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi Covid-19 di Indonesia, pemerintah melalui PT Bio Farma juga memesan vaksin sejumlah produsen lain. Bio Farma sudah memesan vaksin dari Novavax pengembang vaksin dari Amerika dan Kanada, dan AstraZeneca, pengembang vaksin dari Inggris dan Jerman.

“Kalau efek samping vaksin itu, masih isu-isu yang beredar dan belum dapat dibuktikan kebenarannya. Jika sudah di anjurkan oleh pemerintah saya menyetujuinya, karena vaksin sendiri bagus untuk daya imun kita” ungkap Tara Maharanisalah satu pelari di Kambang Iwak Kota Palembang. Menurutnya, program vaksinasi yang telah dilakukan pemerintah merupakan upaya-upaya yang sangat besar, yang luar biasa.

Comments are closed.