Melawan Infodemi Di Tengah Pandemi

Melawan Infodemi Di Tengah Pandemi

Melalui Konferensi Pers tersebut Menteri Kominfo menegaskan bahwa para pimpinan dari instansi leading sektor juga terus mengawal proses pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasiCovid-19. Setahun sudah negara-negara dunia berjibaku untuk menangani pandemi Covid-19, termasuk Indonesia. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk menanggulangi pandemi yang membutuhkan dukungan dan kebersamaan dari seluruh pihak.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan masyarakat yang di Vaksin

Dengan adanya herd immunity terhadap COVID-19, diharapkan orang-orang yang tidak bisa menerima vaksin karena kondisi tertentu bisa ikut terlindungi dari penyakit ini. Selalu terapkan protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan, mengenakan masker, dan menjaga jarak fisik minimal 1 meter dengan orang lain. Sebisa mungkin, hindari bepergian ke luar rumah atau berkumpul dengan orang banyak. Tujuan dilakukannya serangkaian uji klinis dalam pembuatan vaksin tentu adalah untuk menjamin keamanan dan efektivitas vaksin sebelum diberikan ke masyarakat.

Dengan begitu, dampak ekonomi dan sosial akibat wabah ini juga dapat diminimalkan. Setelah itu, para peneliti akan mengkaji dan mengevaluasi efektivitas, keamanan, dan dosis vaksin yang tepat, Tembak Ikan Terpercaya serta menilai respons sistem kekebalan tubuh terhadap vaksin yang diberikan. Vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit.

Dengan prosedur vaksinasi yang benar diharapkan akan di peroleh kekebalan yang optimum, penyuntikan yang aman dan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi yang minimal. Sehari menjelang proses penyuntikan vaksin Covid-19 kepada penerima pertama Presiden Joko Widodo, muncul berbagai pertanyaan di masyarakat terkait rendahnya efikasi CoronaVac, vaksin Covid-19 produksi Sinovac Biotech China. Pada uji klinis CoronaVac fase tiga di Indonesia, disebutkan bahwa efikasi vaksin mencapai sixty five,three persen dengan imunogenisitas sebesar ninety nine,23 persen. Sedangkan, berdasarkan uji klinis vaksin tersebut di Brasil didapatkan efikasi sebesar seventy eight persen dan di Turki sebesar ninety one,25 persen. Untuk peralatan pendukung dan logistik lainnya menggunakan sarana pembawa lain yang standar sesuai dengan ketentuan.

“Semuanya akan memulai secara besar-besaran proses vaksinasi yang tentunya kita harapkan juga didukung oleh distribusi vaksin yang baik. Hingga hari ini sudah lebih dari 2 juta orang yang sudah disuntik vaksin dan sebanyak 12 juta vaksin telah kita distribusikan ke 34 provinsi dan 514 kabupaten dan kota,” kata Presiden. Presiden menekankan agar pemerintah daerah turut menyambut program vaksinasi tersebut dengan segera menggelar vaksinasi massal serupa untuk memacu kekebalan kelompok yang dapat menjadi perlindungan awal terhadap virus korona. Saat ini, Indonesia sudah memiliki komitmen yang pasti sebanyak a hundred twenty five juta dosis dari Sinovac, 50 juta dosis dari AstraZeneca, 50 juta dosis dari Novavac sehingga ada complete 225 juta dosis vaksin COVID-19 yang pasti.

Comments are closed.