Jateng Tanggap Covid

Jateng Tanggap Covid

Menghindari kontak dengan orang lain akan melindungi mereka dari kemungkinan penularan COVID-19 dan virus lainnya. Sebagian besar (sekitar 80%) orang yang terinfeksi berhasil pulih tanpa perlu perawatan khusus. Sekitar 1 dari 5 orang yang terinfeksi COVID-19 menderita sakit parah dan kesulitan bernapas.

Setelah Vaksin Covid, angka  terjangkitnya masyarakat indonesia menurun

Sepanjang kurun waktu tersebut, mobilitas ke kelompok tempat tujuan seperti stasiun dan terminal cenderung menurun dengan penurunan bervariasi mulai dari -31 persen hingga -43 persen. Demikian juga mobilitas ke tempat kerja cenderung menurun bahkan mengalami penurunan tajam sepanjang Mei 2021. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di SVS berlangsung atas kerjasama dengan Pemerintah, dibawah tanggung jawab Dinas Kesehatan DKI, khususnya pihak Puskesmas Sawah Besar. Secara khusus, kategori goal penerima vaksin Covid-19 di SVS diantaranya Lansia diatas 60 tahun, pendidik, Tokoh Agama, dan kaum difabel.

Orang-orang lanjut usia dan orang-orang dengan kondisi medis penyerta seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung dan paru-paru, diabetes, atau kanker memiliki kemungkinan lebih besar mengalami sakit lebih serius. Namun, siapa pun dapat terinfeksi COVID-19 dan mengalami sakit yang serius. Orang dari segala usia yang mengalami demam dan/atau batuk disertai dengan kesulitan bernapas/sesak napas, nyeri/tekanan dada, atau kehilangan kemampuan berbicara atau bergerak harus segera mencari pertolongan medis. Jika memungkinkan, disarankan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan atau fasilitas kesehatan terlebih dahulu, sehingga pasien dapat diarahkan ke fasilitas kesehatan yang tepat. Untuk diketahui, meskipun program vaksinasi di Indonesia direncanakan akan dimulai pada pertengahan Januari 2021 ini.

Upaya vaksinasi yang dilakukan saat ini, tidak semata-mata menjadi satu-satunya upaya melindungi masyarakat dari penularan Covid-19. Vaksinasi tidak akan berhasil apabila tidak diimbangi dengan protokol kesehatan. Harus diingat, perlu waktu untuk tubuh kita membentuk antibodi sehingga siapa pun yang sudah divaksinasi tidak boleh meninggalkan protokol kesehatan , sampai pandemi dinyatakan berakhir. Kelompok pertama yang disebut di dalam surat edaran tersebut adalah kelompok lansia, yang dikatakan dapat menerima Vaksin Sinovac sebanyak dua dosis, dengan rentang pemberian 28 hari di antara kedua dosisnya. Namun, seiring dengan selesainya uji klinis Vaksin Sinovac di Brazil dan Turki yang mana turut melibatkan responden lansia, BPOM dan Kemenkes pun turut mengevaluasi kebijakan pemberian Vaksin Sinovac untuk lansia. India Darurat Corona, Pakar Meragukan Angka Kematian Resmi COVID-19 Infeksi virus corona di India telah mencapai rekor puncak selama beberapa hari terakhir dan jumlah kematian terus meningkat.

Hal ini sesuai dengan UU kekarantinaan Nomor 6 tahun 2018 yang diikuti juga oleh Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2020. “Maka ketika nanti kita semua berada di rumah, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” tegasnya. Doni memastikan, semakin hari mereka yang terpapar Covid-19 semakin dekat dengan kita. Termasuk nanti setelah ada ketentuan pembatasan kegiatan masyarakat yang mengacu pada Pembatasan Sosial Berskala Besar .

Keempat, orang dengan kepentingan tertentu nonmudik yang dilengkapi surat keterangan dari kepala desa/lurah setempat. Meski begitu, jika vaksinasi di Indonesia sudah mencapai angka 50 persen, masyarakat tetap harus patuh protokol kesehatan. “Karena memakai masker, misalnya, akan mencegah kita terhadap penyakit menular, tidak hanya Covid-19 tapi juga influenza dan penyakit-penyakit lainnya,” jelas dia. Selalu terapkan protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan, mengenakan masker, dan menjaga jarak fisik minimal 1 meter dengan orang lain. Sebisa mungkin, hindari bepergian ke luar rumah atau berkumpul dengan orang banyak.

Tetapi para ahli meragukan pemerintah mencatat seluruh angka kematian akibat COVID-19. Sehingga, pemerintah mengakselerasi pelaksanaan vaksinasi sebagai strategi untuk meningkatkan kepercayaan publik. Hingga 28 Maret 2021, vaksinasi telah mencatatkan realisasi 10,49 juta dosis. Rinciannya, 7,25 juta orang baru menerima suntikan dosis pertama dan 3 Slot Online Indonesia,24 juta orang menerima suntikan kedua. Sebelumnya, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, vaksinasi Covid-19 tahap pertama untuk tenaga kesehatan sudah mencapai 75%.

Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo menjelaskan Menteri Kesehatan Singapura, Gan Kim Young dalam rapat parlemen menjelaskan bahwa Singapura akan melakukan vaksinasi pada 2021 ini. “Sinovac juga telah menyelesaikan uji klinis Fase II di mana peserta disuntik dengan dosis booster ketiga setelah menyelesaikan dua suntikan reguler,” kata kepala perusahaan Sinovac, Yin Weidong, dikutip dari Channel News Asia. Tetap terinformasi dengan baik dan ikuti saran dari penyedia layanan kesehatan, atau otoritas kesehatan lokal dan nasional. Misalnya dengan tetap bangun tidur pada waktu yang sama, mandi, berpakaian, membuat jadwal, dan tetap menjaga pola tidur. Bila kerja dari rumah, tetapkan atau atur tempat khusus untuk kerja. Ia juga menambahkan bahwa social distancing, karantina, dan kehilangan aktivitas harian yang sebelumnya terstruktur juga dapat memperparah gejala kecemasan maupun depresi akibat meningkatnya perasaan kesepian.

Comments are closed.